3 Buku Tentang Kopi Yang Wajib Kamu Baca!

Sekarang ini, kopi bisa dibilang jadi komoditi yang lagi seksi-seksinya. Sumber data dari National Coffee Assosiation di Amerika, pemikmat kopi umur 18-24 tahun mengalami peningkatan dari 13% menjadi 36%. Kopi specialty atau espresso base bukan lagi barang langka yang cuma bisa didapetin di café-café fancy dengan bangunan aduhai. Kamu udah bisa nemuin itu di jalanan, kedai-kedai kecil rumahan. Bahkan beberapa orang udah punya alat seduh rumahan di kediaman masing-masing.

Yang lebih keren lagi malah, orang-orang yang punya alat seduh sendiri di rumah ini juga bisa ngebuat kopi layaknya di coffee shop. Mereka ngerti jenis, rasa, bahkan teknik seduh dari beberapa alat kopi yang mereka miliki. Informasi soal gaya seduh dan seluk-beluk kopi di Zaman sekarang bisa dibilang makin mudah berkat internet yang nggak kenceng-kenceng amat di Indonesia ini.

Selain dari dunia maya, informasi soal kopi juga bisa didapet dari media konvensional, yaitu buku. Berikut ini merupakan buku-buku yang mesti kalian baca soal kopi:

1. Uncommon Grounds karya Mark Pendergrast

Kamu pernah kepikiran apa dampak kopi bagi dunia? Nah, buku ini nyeritain tentang itu. Nyeritain kalo kamu itu termasuk yang punya andil dalam ngembangin budaya kopi belakangan ini. Salah satu buku yang sangat menarik buat kamu baca.

2. The World Atlas of Coffee: From Beans to Brewing karya James Hoffman

Ditulis oleh seorang barista champion, James Hoffman. Buku ini mengajak kamu untuk mengeksplorasi seluk-beluk kopi. Bisa dibilang, buku ini ngajak kamu buat lebih melek soal industri kopi dari hulu ke hilir. Pembahasan mengenai penanaman, panen, sampai dengan roasting dapat ditemui dalam buku ini. Nggak cuma sampai di situ, karena Hoffman juga nggak pelit soal resep yang biasa digunain buat nyeduh kopi. Beragam racikan kopi terbaik bisa kamu buat dengan mengikuti resep yang ditulisnya secara detail. Bahkan sampai grind size dan takaran air yang digunakan.

3. 33 Cups of Coffee dari Pocket Coffee Journal

Buku yang dibuat dari bahan yang ramah lingkungan ini merupakan jurnal saku yang bisa kamu bawa ke mana aja. Siapkan alat tulismu, karena buku ini membuatmu mencatat mengenai rasa, roaster, harga, coffee notes, ataupun flavor wheel. Cocok buat siapapun yang menyukai kopi. Baik itu pemula, barista, roaster, bahkan pendekar sekalipun.

Gimana? Penasaran dengan buku-bukunya? Ingin menambah wawasan sekarang juga? Langsung cari di toko buku kesayangan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *