Ismi Rinjani, Jadi Asisten Don Hasman

Cantik, muda, dan suka berpetualang adalah deskripsi yang cocok buat nggambarin Ismi Rinjani. Mojang asal Sumedang ini semenjak lulus sekolah menengah sudah berkelana ke Bali, sendirian pula. Ia tidak langsung melanjutkan ke jenjang kuliah. Karena memang dilarang oleh ayahnya sendiri. Menurt Ismi, mengunjungi tempat baru dan belajar tentang budaya, kehidupan, dan masyarakatnya merupakan pelajaran yang berharga. Meskipun begitu tak lantas lupa pendidikan. Pada tahun 2017 ini ia meraih beasiswa untuk berkuliah di San Fransisco, Amerika.

Hobinya berpetualang membuat ia akhirnya mengenal sosok fotografer senior, Don Hasman. Bersama Om Don Hasman, Ismi diajak berkeliling Indonesia, naik gunung, menyambangi suku baduy, dan belajar dunia fotografi. Beberapa kali ia keluar masuk pedalaman Baduy bersama Om Don untuk mengetahui tata cara hidup suku tersebut. Pengalaman itu, ia tuangkan dalam bentuk arsip foto dan tulisan.

Pengalamannya bepergian ke banyak tempat tentunya membuat Ismi kaya ragam kuliner. Termasuk kopi. Ia bercerita begitu mengidolakan kopi Aroma yang diproduksi di Jawa Barat. Bersama keluarganya, Ismi membuat house blend versi mereka dengan mencampurkan arabika dengan robusta.

Simak kelanjutan kisahnya di video berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *