Ciri-Ciri Pendekar

Coba deh kamu dateng ke kedai kopi, terus tanya ke baristanya, “Pernah ketemu pendekar?”

Bakal ada obrolan menarik yang kamu dapet setelah ngelontarin pertanyaan itu. Dalam KBBI, pendekar itu punya makna sebagai orang yang gagah berani, suka membela yang lemah, dan sebagainya; pahlawan. Kalo ditarik kesimpulan, dalam konteks kopi berarti pendekar itu bisa jadi orang yang membela rasa dari kopi itu sendiri.

Tapi cap seorang pendekar bisa jadi negatif di kalangan barista atau brewer kedai kopi. Permintaan untuk disajiin kopi yang sempurna menurut mereka dengan segala permintaan metode seduhnya.

Nah ini adalah beberapa ciri-ciri pendekar kopi:

1. Request Metode

Mereka bakalan mesen kopi dengan permintaan yang kadang bikin pusing.

“Mas kopinya mau kopi yang prosesnya gini dong, grind sizenya segini, suhunya segini…..”

2. Nyruput Bukan Minum

Supaya lebih ngenalin rasa kopinya, para pendekar bakalan nyruput kopinya, terus mikir soal rasa yang didapet. Nah abis itu dia bakal ngasih kesimpulan soal rasanya.

3. Haram Pake Gula

Mereka mengharamkan gula dituang di segelas kopi. Pokoknya nggak pake gula.

4. Paham Istilah Kopi

Istilah di balik metode seduh, nama alat, soal rasa. Mereka bakal ngeluarin istilah yang buat orang awam kedengeran kayak profesor lagi presentasi soal penemuan barunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *